Catatan Asep

PRODUKSI BIOETANOL

Posted on: March 6, 2007

TEKNOLOGI

Teknologi produksi bioethanol berikut ini diasumsikan menggunakan jagung sebagai bahan
baku, tetapi tidak menutup kemungkinan digunakannya biomassa yang lain, terutama molase.

Secara umum, produksi bioethanol ini mencakup 3 (tiga) rangkain proses, yaitu: Persiapan Bahan
baku, Fermentasi, dan Pemurnian.
 

Persapan Bahan
Baku

Bahan
baku untuk produksi biethanol bisa didapatkan dari berbagai tanaman, baik yang secara langsung menghasilkan gula sederhana semisal Tebu (sugarcane), gandum manis (sweet sorghum) atau yang menghasilkan tepung seperti jagung (corn), singkong (cassava) dan gandum (grain sorghum) disamping bahan lainnya.

Persiapan bahan
baku beragam bergantung pada bahan bakunya, tetapi secara umum terbagi menjadi beberapa proses, yaitu:

-         Tebu dan Gandum manis harus digiling untuk mengektrak gula-         Tepung dan material selulosa harus dihancurkan untuk memecahkan susunan tepungnya agar bisa berinteraksi dengan air secara baik-         Pemasakan, Tepung dikonversi menjadi gula melalui proses pemecahan menjadi gula kompleks (liquefaction) dan sakarifikasi (Saccharification) dengan penambahan air, enzyme serta panas (enzim hidrolisis). Pemilihan jenis enzim sangat bergantung terhadap supplier untuk menentukan pengontrolan proses pemasakan. 

Tahap Liquefaction memerlukan penanganan sebagai berikut:

-         Pencampuran dengan air secara merata hingga menjadi bubur-         Pengaturan pH agar sesuai dengan kondisi kerja enzim-         Penambahan enzim (alpha-amilase) dengan perbandingan yang tepat-         Pemanasan bubur hingga kisaran 80 sd 90 C, dimana tepung-tepung yang bebas akan mengalami gelatinasi (mengental seperti Jelly) seiring dengan kenaikan suhu, sampai suhu optimum enzim bekerja memecahkan struktur tepung secara kimiawi menjadi gula komplek (dextrin). Proses Liquefaction selesai ditandai dengan parameter dimana bubur yang diproses menjadi lebih cair seperti sup. Tahap sakarifikasi (pemecahan gula kompleks menjadi gula sederhana) melibatkan proses sebagai berikut:-         Pendinginan bubur sampai suhu optimum enzim sakarifikasi bekerja

-         Pengaturan pH optimum enzim

-         Penambahan enzim (glukoamilase) secara tepat

-         Mempertahankan pH dan temperature pada rentang 50 sd 60 C sampai proses sakarifikasi selesai (dilakukan dengan pengetesan gula sederhana yang dihasilkan)

Fermentasi

Pada tahap ini, tepung telah sampai pada titik telah berubah menjadi gula sederhana (glukosa dan sebagian fruktosa) dimana proses selanjutnya melibatkan penambahan enzim yang diletakkan pada ragi (yeast) agar dapat bekerja pada suhu optimum.

Proses fermentasi ini akan menghasilkan etanol dan CO2.

Bubur kemudian dialirkan kedalam tangki fermentasi dan didinginkan pada suhu optimum kisaran 27 sd 32 C, dan membutuhkan ketelitian agar tidak terkontaminasi oleh mikroba lainnya. Karena itu keseluruhan rangkaian proses dari liquefaction, sakarifikasi dan fermentasi haruslah dilakukan pada kondisi bebas kontaminan.

Selanjutnya ragi akan menghasilkan ethanol sampai kandungan etanol dalam tangki mencapai 8 sd 12 % (biasa disebut dengan cairan beer), dan selanjutnya ragi tersebut akan menjadi tidak aktif, karena kelebihan etanol akan berakibat racun bagi ragi.

Dan tahap selanjutnya yang dilakukan adalah destilasi, namun sebelum destilasi perlu dilakukan pemisahan padatan-cairan, untuk menghindari terjadinya clogging selama proses distilasi.

Distilasi Distilasi dilakukan untuk memisahkan etanol dari beer (sebagian besar adalah air dan etanol).Titik didih etanol murni adalah 78 C sedangkan air adalah 100 C (Kondisi standar). Dengan memanaskan larutan pada suhu rentang 78 – 100 C akan mengakibatkan sebagian besar etanol menguap, dan melalui unit kondensasi akan bisa dihasilkan etanol dengan konsentrasi 95 % volume. Prosentase Penggunaan Energy

Prosentase perkiraan penggunaan energi panas/steam dan listrik diuraikan dalam tabel berikut ini:

Tabel 1

Prosentase Penggunaan Energi

Prosentase Penggunaan Energi
Identifikasi Proses Steam Listrik
Penerimaan bahan baku, penyimpanan, dan penggilingan

0 %

6.1 %

Pemasakan (liquefaction) dan Sakarifikasi

30.5 %

2.6 %

Produksi Enzim Amilase

0.7 %

20.4 %

Fermentasi

0.2 %

4 %

Distilasi

58.5 %

1.6 %

Etanol Dehidrasi (jika ada)

6.4 %

27.1 %

Penyimpanan Produk

0 %

0.7 %

Utilitas

2.7 %

27%

Bangunan

1 %

0.5 %

     

TOTAL

100 %

100%

Sumber:A Guide to Commercial-Scale Ethanol Production and Financing, Solar Energy Research Institute (SERI),


1617 Cole Boulevard, Golden, CO
80401

PERALATAN PROSES

Adapun rangkaian peralatan proses adalah sebagai berikut:

-         Peralatan penggilingan

-         Pemasak, termasuk support, pengaduk dan motor, steam line dan insulasi

-         External Heat Exchanger

-         Pemisah padatan – cairan (Solid Liquid Separators)

-         Tangki Penampung Bubur

-         Unit Fermentasi (Fermentor) dengan pengaduk serta motor

-         Unit Distilasi, termasuk pompa, heat exchanger dan alat kontrol

-         Boiler, termasuk system feed water dan softener

-         Tangki Penyimpan sisa, termasuk fitting

-         Tangki penyimpan air hangat, termasuk pompa dan pneumatik

-         Pompa Utilitas, Kompresor  dan kontrol 

-         Perpipaan dan Electrikal

-         Peralatan Laboratorium

-         Lain-lain, termasuk alat-alat maintenance Oleh:

Achmad Nuzulis H.

PT Nawapanca Adhi Cipta

Email: achmadhidayat@nawapanca.com

About these ads

125 Responses to "PRODUKSI BIOETANOL"

Kang asep saya sedang mencari bagaimana mendehidrasi ethanol setelah destilasi hingga kadar ethanolnya mencapai 99 %,

Pak Wawan, sy produksi mesin bioethanol destilasi dan dehydrasi (untuk membuat kadar ethanol >99% ). Anda dapat menghubungi saya di 0816 711 087, 021-92019162. tx

Agar prosesnya lebih jelas harusnya ditambahi dengan diagram..
Jelaskan juga bahan tambahan yang digunakan saat proses, dan kemungkinan lain untuk mengganti bahan tersebut jika ada.
terima kasih

Terima kasih artikelnya sangat membantu kami

Mohon informasinya pabrikan atau industri yang mengolah bioethanol/bahan bakar nabati khususnya Jatim, karena saya selaku ketua kelompok petani di jawa timur ingin menyuplai bahan baku jagung dan singkong yang mana kapasitas produksi kami melimpah, sehingga alangkah baiknya jika ada industri bahan baku nabati yang mau menampungnya dengan harga yg sesuai. Mohon informasinya segera dikirim ke email saya di ardi_rain@yahoo.com

pak, saya lagi mencari mesin buat bioethanol dari bahan jagung. boleh bapak bantu untuk memberi referensi website perusahaan yang menjual mesin utk produksi bioethanol dari jagung. terima kasih

mohon diberikan informasi teknis dan peralatan yang lebih detail, atau dimana saya bisa kontak untuk dapat dikembangkan sebagai bentuk kemitraan dengan usaha kecil dan menengah (UKM)..bagaimana dengan kelayakan ekonominya ? terima kasih

mendesak.
saya mencari informasi tentang mesin membuatan bioetanol dengan kadar 99,5% tetapi dengan skala rumah tangga.
terima kasih.

Halo Ibu Widya ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol dehydrator untuk membuat ethanol dgn kadar 99,5% . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, tx

mohon di beri informasi pembuatan etanol untuk skala kecil ( industri rumahan ).
untuk di jawa timur apakah sudah ada industri pembuatan etanol baik skala rumah tangga maupun besar.

saya tertarik dengan usaha pembuatan bioetanol skala rumahan, tapi saya gak tau dimana saya dapat membeli mesinnya jika berbahan baku singkong. Dan bagaimana memurnikan ethanol sampai tingkat 99,5% dengan bahan yang mudah didapat dan murah. Tolong infonya

Halo Bpk. Rizal ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol dehydrator untuk membuat ethanol dgn kadar 99,5% . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, tx

saya tertarik dengan usaha pembuatan etanol skala rumahan,dimana saya bisa membeli mesin pembuat etanol dari singkong.
tolong minta infonya

saya tertarik dengan usaha tersebut,dimana saya bisa membeli mesin pembuat etanol dari singkong dan jagung berikut tips bgm caranya memurnikan ethanol sampai ditingkat 99,5%,
tolong minta infonya

Halo Bp. Alwin ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol dehydrator untuk membuat ethanol dgn kadar 99,5% . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, tx

Kang Asep,
Mau tanya,bagaimana cara dptkan mesin bioethanol,dan Enzym nya.perlu ruang brp besar untuk mesinnya.Adakah perhitungan Break Event Pointnya(Biaya produksi dan Harga jual ),terima kasih

Comment by Archie

Kang asep,
Bagus juga tulisannya, saya jadi tertarik untuk bisa bikin bioethanol. Tapi kini mungkin kesulitan yg lebih besar adalah pemasarannya.
Jadi mungkin bagi rekan2 yang berminat bikin bioethanol, gimana kalo kita join aja dulu untuk masarkan produk bioethanol, ntar bikinnya mudah. Terima kasih pada Kang asep dan semuanya..

selamat pagi,

Terima kasih, infonya bagus banget. selain memakai ragi tape, utk proses fermentasi, apakah ada ragi lain yang bisa dipakai?

Jika ada, mohon diberitahukan juga dimana bisa mendapatkannya

Terima kasih,
Danang

Pak bisa mohon utk gambar mesin bioetanol di email
Terima kasih sebelumnya

kang asep anu bageur.
tolong dong dikasih gambar detail ( skema ) destilator yang murah dan mudah agar bisa dibuat sendiri. dan dimana saya bisa membeli Alfha dan beta amilase. disekitar kota bandung.
nuhun kang asep anu kasep.

terima ksh infonya kang..sangat menarik & inovatif..mohon bantuan perbandingan (kelebihan & kekurangan) dari sudut pengolahan & hasil bioetanol yang dihasilkan dari jagung, ubi kayu & nira..apakah mesin pengolah dari ketiga bahan ini sama?mohon attach urutan gambar mesin pengolah bioetanol dari jagung kang..terima kasih banyak kang asep..

kangg Aseppp… saya sangat tertarik mengenai tulisan akang.. kalo boleh tolong dong saya dikirimin atau ditampilkan mengenai sisitem kontrol pada destilasi etanolnya. bioetanolnya sudah diujicobakan? murni memakai bioetanol? efek bagi mesin gmn?

selamat pagi,

Terima kasih, infonya bagus banget. selain memakai ragi tape, utk proses fermentasi, apakah ada ragi lain yang bisa dipakai?
Kang asep saya sedang mencari bagaimana mendehidrasi ethanol setelah destilasi hingga kadar ethanolnya mencapai 99 %,

Jika ada,mohon diberitahukan juga dimana bisa mendapatkannya

Terima kasih,

Dear,

Saya adalah guru Kimia, ingin minta bantuan kepada para pembaca, bagaimana caranya untuk membuat Bioetanol skala Laboratorium. dan bagaimana prosedur bagan pembuatan laboratorium skala kecil, untuk dapat diterapkan kepada siswa SMA. Mohon bantuannya kepada para pembaca untuk dapat membantu saya
terima kasih

saya ingin minta bantuannya, apa fungsi enzim glukoamilase dan alpha amylase pada pembuatan bioetanol? tolong kirim ke email sy sedetail-detailnya. trim’s

mohon di beri informasi pembuatan etanol untuk skala kecil ( industri rumahan ).
berikut rancangan alat fermentasinya.

Kang asep,
saya tertarik dengan usaha pembuatan bioetanol skala rumahan, tapi saya gak tau dimana saya dapat membeli mesinnya jika berbahan baku singkong. Dan bagaimana memurnikan ethanol sampai tingkat 99,5% dengan bahan yang mudah didapat dan murah. Tolong infonya

Trims

Halo Ibu Widya ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol dehydrator untuk membuat ethanol dgn kadar 99,5% . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, tx

Kang dimana saya dapat membeli seperangkat mesin untuk pengolahan pembuatan Bioetanol dan Biodiesel untuk sekala rumahan dan Industri berapa juga kisaran haganya serta kemana pula pemasaran hasil jadi dari bioetanol/biodiesel. Mohon konfirmasikan! Terima kasih atas informasinya kang

Q minta tolong bagaimana proses pembuatan bioetanol dari jagung yg baru.literatur pembuatannya dari mana aja

selamat pagi

saya mau buat pabrik bio ethanol, bisa kasi alamat konstruksinya, dan dimana bisa alamat pabriknya, untuk dapat di kunjungi, bisa bantu pak

salam

Halo Bp.Josh ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

tolong donk pak, saya di beri gambar-gambar proses pembuatan bioethanol

thanks

tanya lagi bang Asep, apakah limbah padat tapioka bisa digunakan untuk buat bioethanol?tolong donk dijawab pak pertanyaan saya,karena saya butuh banget info ini.
thanks

salam kenal,
saya tertarik dengan usaha pembuatan bioetanol skala rumahan, tapi saya gak tau dimana saya dapat membeli mesinnya jika berbahan baku singkong. Dan bagaimana memurnikan ethanol sampai tingkat 99,5% dengan bahan yang mudah didapat dan murah, dan juga bagaimana dengan pemarasannya. Tolong infonya terima kasih

Halo Ibu Aseptiana ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

Untuk informasi detail tentang mesin bioetanol bisa dilihat di website http://anekaindustri.com/industri-etanol-bioetanol.html.

Kang Asep….tolong dong beritahu saya dimana bisa dapetin enzim alpha amilase di Jakarta ???
terimakasih ya kang..

ass….
salam kenal, saya mahasiswi smtr 8 TL Undip, sekarang lagi penelitian ttg bioethanol dari onggok, bisa minta bantuan tidak???saya butuh gambar proses pembuatan bioethanol, jika ada mohon dikirim ke email saya, terima kasih…
wass

kang asep,bisa tolong informasi seminar/pelatihan bioethanol di jakarta?

Kang, saya ingin membuat tabung destilator sendiri, akang bisa bantu untuk kirim gambar detil mengenai tabung destilator. rencananya saya akan buat usaha bioetanol skala rumah tangga. Makasih atas informasinya.

saya sangat tertarik dengan bioetanol.bahan apa saja yang dapat digunakan untuk proses bioetanol,berikut cara pengolahanya.
mohon bantuan n jawaban dikirim ke email saya. makasih sebelumnya

Halo Ibu Ana ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

assalamu’alaikum
saya seorang mahasiswi teknik kimia di Fakultas teknik Cilegon, sekarang lagi mau penelitian tentang bioethanol dari molase (limbah dari pabrik gula) saya ingin minta bantuan bisa tidak??? saya sangat membutuhkan bentuk gambaran proses pembuatannya, dari spesifikasi tentang molasenya, cara pengolahannya, dan rancangan alatnya untuk skala laboratorium bagaimana? jika ada mohon bantuannya untuk dikirim melalui email saya. terimakasih sebelumnya kang…
wasslm

trimakasih untuk infonya,,
kalau saya bisa saran,alangkah baiknya kalau info yang diberikan lebih specifik,contohnya angka-angka dalam proses(% amilase,% impuritis,% pati dsb)mungkin dengan cara ini,masyrakat yang membaca dapat mempertimbangkan ke arah wiraswasta bioethanol!kurang lebihnya,minta maaf…trimakasih

selain tebu singkong apakah buah2an dapat dijadikan ethanol mis: mangga, nenas

Kang, saya ingin membuat tabung destilator sendiri, akang bisa bantu untuk kirim gambar detil mengenai tabung destilator. rencananya saya akan buat usaha bioetanol skala rumah tangga. Makasih atas informasinya.

assalamualaikum wr.wb.
salam kenal, saya seorang mahasiswa tingkat akhir berasal dr lampung, saya tertarik dengan industri boiethanol skala rumahan dengan bahan baku singkong. saya mau tanya berapa harga mesin produksi bioethanol dan cara pengolahannya, hingga tingkat 99,5%? apakah limbah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan lagi?

Assalammu’alaikum

Kang Asep… maaf saya bisa minta tolong data supplier untuk dapetin enzim glukoamilase dan alfa-amilase di bandung or Jakarta.
Atas bantuan dan informasinya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam

ass… kang asep klw untk cra yg lbh sederhana ada ga.. bisa ga kt coba drmh dg alat seadanya. thks..!

Bagus. teruskan untuk mencari sumber bio energi. Selamatkan bumi ini. http://green.ihkeren.com

kang asep, , ,
saya pengen tau proses distilasi atau penyulingannya sama aja kayak air ga?
terus fermentasinya berapa lama?
klo bisa info lengkap dikirim ke email saya yah, , ,
trims atas bantuannya, , ,

Mhn diberikan informasi tentang mesin untuk mengolah bioetanol dari singkong, Please deh

kang tolong kalau bisa saya minta skema alat produksi etanol sederhana dong.

kang tolong dong beri saya catatan yg lengkap cara membuat biotanol dng persentase bahan-bahanyg digunakan unt nenbuatnya

Pak, mohon infonya bila bahan baku yg dipakai untuk memproduksi bioethanol menggunakan limbah padat tapioka. Bagaimana cara pengolahannya? Apakah perlu menggunakan EM (Effective Microorganism) jg sebelum ditambahkan dengan enzim-enzimnya?

mohon dikirimkan contoh gambar mesin etanol
terima kasih

kang asep,

saya mohon bimbingan teknik dan cara membuat bioetanol, baik mesin maupun bahan2 yang diperlukan, karena ditempat saya sulit mendapatkan informasi ini. saya sanggup bayar berapa pun untuk bisa ikut pelatihan dan saya udah niatan untuk berinvestasi disini. mohon informasi lebih lanjut

terima kasih

iwan – riau

BOs….Fot2 pembuatan bioetanolnya mana tlg dikirimi

Kang Asep…

Tolong dong dimana bisa memperoleh enzim alpha
amilase dan glukoamilase di area Jabodetabek.
Saya tunggu jawabannya.
Terima kasih.

Saya Firman di Pamulang Tngrang, sangat tertarik dengan bisnis bioetanol berbahan baku ubikayu, dan saat ini saya ingin menanamkan modal di bisnis ini.

Dapatkah saya memperoleh informasi sbb :
– Dimana dapat memperoleh mesin pengolahan bioetanol dengan kapasitas industri rumah tangga (200 l/hari), berapa harganya ?
– Bila Bahan yg beda antara Singkong dgn Sorghum apakah mesinnya sama saja? atau mesin tersebut bisa dipakai dgn bahan apa saja…
– Apakah untuk memasarkan produk bioetanol harus memiliki izin khsusus jika untuk skala rumah tangga.
– Adakah petunjuk bagaimana prosedur pengurusan izin usaha niaga bahan bakar nabati dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

Terima kasih atas bantuannya

Saya Joseph di Bandung

yang menjadi pertanyaan saya adalah mencari enzim alpha-amilase di daerah bandung dan perbandingan enzim dengan bubur kira2 berapa? untuk menjadi bubur, tepung jagung atau singkong dicampur air dengan perbandingan berapa?

pak asep saya mau tanya, bahan dan alat-alat apa sajakah yang diperlukan untuk membuat bioetanol dari singkong dengan skala rumah tangga??

pak boleh minta blue print untuk mesin bioethanol yang bapak jelaskan diatas

Bagi yang berminat untuk invest di bisnis etanol, saya punya semua chanelnya dari mulai lahan (sudah dengan ijin industrinya), bahan baku (singkong), pembeli (end user / produser tinta), dll…saya perlu investor untuk pembelian mesinnya yang memang lumayan mahal harganya…untuk skala 200 liter per hari Rp.200 jt; 500 liter per hari Rp.400 jt; 1000 liter per hari Rp.700 jt…dengan ROI 3-4 tahun…

Bagi yang serius dan berminat…bisa menghubungi saya via imel di emma1582@hotmail.com atau via telpon di 0813-8871-3638…

Halo Ibu Emma ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

mohon informasi tentang mesin etanol selengkap-lengkapnya dan cara memproduksi, kapasitas produksi,analisa produksi,analisa usaha dan pemasarannya. harga mesin produksi sekala home industri. trimakasih sebelumnya.

thanks banget buat ilmu nya … boleh ga kang asep saya di kirimi gambar mesin bioethanol nya nih….ada rencana untuk praktek ilmu nya kang asep….thanks

Saya tertarik dengan pembuatan bioethanol dari singkong maupun jagung skala rumahan kira2 berapa harga mesinnya agar produksi kita dapat mencapai kadar 99.5 %
Mohon informasinya yang lengkap dan brepa lahan yang diperlukan luas atau tidak

Halo Bp.Giarto ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

saya tertarik dengan energi alternatif khususnya bioetanol, untuk itu saya mencoba mebuat nya, namun saya sangat sulit memperoleh enzim pemecah pati menjadi gula, apakah dengan tidak meberi enzim pada proses tersebut bioetanol dapat dihasil, mohon cara lain selain enzim dan asam.

terimakasih

sy pgn bgt membuka usaha pembuatan bioetanol, tp sy bingung cari alatnya. klo beli alatnya kira-kira brp ya???mohon informasinya ya…makasih

Halo Ibu Ninink ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

dear,

selamat pgi pak.saya berminat membuat etanol skala rumahan.tapi adakendala di pembuatan mesin destilasinya.tolong dibuatkan drawing dari unit destilasi(alat2 yang diperlukan dalam tanki destilasi) dan gambar pecahan tangki destilasi pak.terimakasih

regards

Ramadhan

saya tertarik dengan usaha pembuatan bioetanol skala rumahan, tapi tidak tahu dimana saya dapat membeli mesinnya jika berbahan baku singkong.
1. Bagaimana memurnikan ethanol sampai tingkat 99,5% dengan bahan yang mudah didapat dan murah?
2. apakah limbah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan lagi?
3. Apakah untuk memasarkan produk bioetanol harus memiliki izin khsusus jika untuk skala rumah tangga.
4. Adakah petunjuk bagaimana prosedur pengurusan izin usaha niaga bahan bakar nabati dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral?
5. kapan seminar/pelatihan bioethanol di jakarta? Tolong infonya, terima kasih..
dolly

Halo Ibu Dolly ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

terimakasih banget buat ilmunya,,,
karena bioetanol umumnya terbatas bagaimnana kalo diporduksi secara rumahan??? terus kira – kira alatnya apa aja???
sekalian tolong kirimin gambar mesin pembuat bioetanolnya yaaaaaaa!!!!
Thanks

assalamu’alaikum
pak asep tolong kasih info ttg harga alat bioethanol kap 500lt/hr? kemudian apakah etanol kadar 99,5% langsung dpt digunakan sbg pengganti bensin? maturnuwun. trimakasih.

Halo Bp.Turmudzi ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

Pgi pak..Sya btuh bgt infrmsi tntg desilator bioetanol utk skala kecil&dimana bisa sya peroleh.Terus enzim yg digunakn bisa didapatkan dimana.Adi-Riau.Thank

Kang asep…
Tolong kasih gambar cara buat alat distilasi bio ethanol.
Makasih

kami LEMBAGA PENGEMBANGAN USAHA MANDIRI alamat : Jl. Krakatau 19 ketapang probolinggo jawa timur , menyediakan alat distilasi bioethanol skala rumah tangga . untuk info : (0335)7608997 saat ini kami membutuhkan jerigen dalam jumlah banyak , mohon info agen jerigen jawa timur. terima kasih

bagaimana caranya saya mendapatkan bahan fermentasinya

pak asep mau bertanya beberapa pertanya’an??
1 gimana cara memastikan ethanol sudah 95% apakah menggunakan alat???atau apakah ada tandanya??
2.apakah setelah ethanol 95% langsung dapat digunakan pada kendaraan????

Salam

saya tertarik mempelajari Bioethanol dari singkong,mohon info tentang mesin bioethanol
dan berapa harganya yang paling murah

terima kasih

Halo Bp.Ardi ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

Saya produsen Bioethanol,saya mencari orang yang butuh…soalnya kalo ke Pertamina susah tembusnya..birokrasinya banyak…saya menunggu siapa aja yang mau beli, tentang kualitas kami berikan yang terbaik…95-99%
Bagi saudara-saudara sebangsa dan setanah air, mari kita manfaatkaan Bioethanol secara optimal utuk keperluan bahan bakar kita..mari kita hentikan penggunaan minyak bumi yang jumlahnya kian menipis…kasihan,sebentar lagi bumi akan hacur karena kehilangan keseimbangan…

apa sekarang masih jual bioetanol 99%? saya butuh 20 liter. tolong hubungi langsung ke no hp saya 085646993088. saya butuh mendesak. terima kasih.

Kang Asep Bandung nya dimana, abdi ge di bandung, nyungkeun alamatna atuh, saya bade diskusi lebih dalam deui

saya pingin tanya proses pembuatan bio etanol dari jagung dan spesifikasi alat produksinya untuk kapasitas home industri.akhir kata thankssss

Assalmu’alikum Kang]
Bade tumaros
Mengenai Membuat Peralatan untuk bioetanol dari molase (yang sangat sederhana) untuk pemakaian sendiri (kapasitas hanya 5 liter/hari), berikut alat untuk burnernya dan petunjuk membuat alat destilasinya (awam banget nih kang mengenai destilasi(yang sederhana memanfatkan barang disekitar kita contoh drum dsb), yang selanjutnya bisa ditiru oleh masyarakat disekitar pedesaan
Untuk uji coba pemula jenis burner apa yang baik, apakah memakai kompor listrik

Haturnuhun
Punten mohon bibalas ke email saya ya Kang

Begini kang asep, kemarin saya melihat di tv tentang pembuatan ethanol dari bahan baku sayuran sisa. Apakah benar bisa dibuat ethanol dari bahan tersebut dan jika bisa saya mau mencoba membuat ethanol secara sederhana dahulu, tapi saya belum tau bagaimana cara pembuatannya dan alat2 apa saja yang digunakan!
Mohon dibantu ya kang asep!

dimana bisa mendapatkan mesin bioetanol dan harganya
bahan dan alat-alat apa asjakah yang diperlukan untuk membuat bioetanol dari singkong dengan skala rumah tangga
bisa dikirimi gambar mesin bioetanolnya terima kasih

Halo Bp.Gaffari ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

Pak saya mahasiswa angkatan akhir jurusan teknik kimia.Untuk pelaksanaan tugas akhir,saya berminat untuk mengambil judul design mesin pembuatan bioethanol.Mohon arahan dan bantuannya agar konversi yang diperoleh mencapai 99,5%.Mohon dikirimkan design alatnya dan kira2 alat apa saja yang dibutuhkan dan berapa biaya yg akan dikeluarkan untuk pembuatan alat tersebut.Terima kasih sebelumnya pak atas infonya.

Bapak,
saya ingin menanyakan
didalam proses pembuatan sabun sere padat
tambahan bahan atau minyak apa yg harus saya tambahkan agar aroma sere nya menguat atau harumnya lebih. Bagaimana komposisinya ?
terimakasih atas bantuannya

Salam, Atik

kang asep saya mau tanya dimana saya bisa memasarkan bioetanol yang selama ini saya produksi? untuk sementara saya pergunakan untuk bahan bakar kompor

kang asep, saya minta bantuannya, saya membutuhkan artikel/penelitian mengenadi pembuatan BIOETANOL DARI JAGUNG.TLONG YA……BISA DIKIRIM DI EMAIL:felixa_2489@yahoo.co.id

kang numpang ngiklan yua…

Kami produsen BIO Ethanol skala rumah tangga, mengadakan workshop bioethanol langsung di pabrik pengolahan bioethanol di Cibubur, Jakarta. Workshop akan diadakan setiap hari mulai sabtu 14 Maret 2009.
Materi Workshop meliputi:
• Pengenalan tentang Bioethanol
• Pengenalan Bahan Baku Bioethanol
• Pengenalan Peralatan dan Proses Produksi Bioethanol
• Proses Pengolahan Tetes tebu menjadi Bioethanol
• Proses Pengolahan limbah Bioethanol
• Pengolahan Bioethanol menjadi Biopremium & Minyak tanah
• Prospek dan Analisa Bisnis Bioethanol
• Konsultasi Bisnis Bioethanol

Biaya Workshop Rp. 300.000 (umum)
Rp. 250.000 (pelajar&mahasiswa)
Biaya sudah termasuk materi workshop, snack dan makan siang & transportasi ke lokasi pabrik.
bonus buku produksi bio-etanol serta bantuan pemasaran produk.
Pembayaran tunai di cibubur, atau transfer ke BSM Cabang pembantu jakarta cibubur a.n. Diana Widjayanti no. rekening 1030031963.
Keterangan lebih lanjut hubungi Toni (021-93-72-1975 tlp/sms).
TEMPAT TERBATAS!!! (max 5 orang/hari)

Kami juga menyediakan biologic supply untuk pengolahan bioethanol, yang kami jual sementara ini adalah :

Enzime Amylase)
Enzime Glucoamylase
Ragi Saccharomyces cerevisiae Rp. 80.000/kg
Zeolit 3A Rp. 200.000/kg
Kami juga membuat peralatan produksi bio ethanol dengan berbagai type dan kapasitas sbb :
1. Kapasitas 70ltr/hr grade 40% -sd. 85% untuk sekala home industri, Harga Rp. 5jt/ set
2. Kapasitas 100lt/hr, grade 85%-95% untuk home industri dan menengah, control manual, harga mulai Rp.10jt/set
3. Kapasitas 200lt/hr, grade 85%-96% untuk home industri dan menengah, control manual, harga mulai Rp. 16jt/set
4. Kapasitas 400lt/hr, grade 85%-96% untuk industri menengah, Ful automatically control, harga mulai rp. 29jt/set

kang asep,…..
Dari dulu saya sangat tertarik dengan bioetanol.sehingga saya nekat untuk memproduksi bioetanol,dan……BERHASIL.namun waktu itu sy gak kepikir cara pemasaranya.sehingga produksi saya sekarang terhenti.kemanakah saya harus menjual bioetanol?????
Mohon d kasih tau kang asep.
atau bagi yang tahu/membutuhkan tlg contak di:

e-mail: wira_pratama67@yahoo.co.id

terimakasih kang ASEP

Saya endro wahyono
mohon dikonfirmasikan jika ada yang mau bikin hoom industri bio ethanol
saya bisa membantu dari CV endsany
Hp 08156569946 , 0271 5858776
alamat : tanuragan RT04/RW07 gonilan kartasura sukoharjo Solo
kami telah merancang beberapa hoom industri seperti :
bioetanol 95% sampai 99.9% kapasitas 200 liter/ 8jam
penyulingan minyak dan instalasi pengolahan air limbah
terima kasih

saya mau menanyakan diagram alir dan neraca massa dalam proses pembuatan bioethanol dari jagung
info dari bapak sangat saya harapkan
tq b4 ya pak

Adakah perhitungan Break Event Pointnya(Biaya produksi dan Harga jual ),trus saya mau menanyakan diagram alir proses serta perhitungan neraca massanya >.untuk bahan tugas kuliah saya
terima kasih ya kang asep atas info dan kerjasamanya..

buat teman2 di sekitar JABOTABEK & JAWA TIMUR yg kesulitan dalam pemasaran etanol,silakan hub sya di 021-93721975 & 085695399653, mudah2an saya bisa bantu. sya terima hasil sulingan kadar berapapun, minimal 20%. yang mau kursus etanol ato beli destilator juga boleh

mas..saya mau tanya: Bagaimana supaya etanol berkadar 95% menjadi 99%.setau saya dengan solid atau pati untuk menyerapkandungan air yang tersisa,yang saya mau tanyakan bagaimana cara memasang solid atau pati tersebut pada destilasi.??thank’s Boss…..
kalo bisa kirim ke imel saya.!!!!

Halo Bp.Darlam ,sy David dari Everest Jaya Energi Alam, kami membuat mesin ethanol Destilator (kadar 90%) dan Dehydrator (untuk membuat ethanol dgn kadar 99,6%) . Kami siap membantu Anda, hub kami di 0816 711 087, 021-9201 9162 , http://www.everestenergysolution.com, email : everest_energysolution@yahoo.com .tx

Banyak orang bertanya tentang teknologi bioethanol, proses bahan fermentasi, mesin ethanol dsb. Namun belum pernah ada yang mau bertanya dan menjawab pasar bioethanol yang pasti dan yang bisa menyerap hasil dari proses tersebut. Hal ini harus kita utamakan terlebih dahulu agar kelangsungan usaha proses produksi bioethanol tetap berjalan. Akan mustahil bila kita selalu ingin membuka usaha bioethanol tapi tidak memikirkan untuk membentuk atau membuka pasar. Ada yang bisa bantu informasi peluang pasarnya? Kalau ada kirim info ke lukmansuryo_bin@ymail.com karena saya sudah produksi tapi saya kesulitan pemasaran.

Assalamu’alaikum
Kang punten abdi hotong uninga Prosedurna yeuh. Manawi teu ka abotan. Hoyonh nyobi skala rumah tangga.

Hatur nuhun sateuacana…

Kang saya tatang dikalimantan timur, punya peruntukan lahan untuk kebun singkong 500 ha sekarang sdh tanam 30 ha dgn lokasi terpisah karena utk bibit didaerah2 kab.maslah saya mesin dan emzim alpha amilase.bisa diberi info mesin bila beli atau kerjasama dan enzimnya.

tks
tatang suherman

pak mau nanya co2 hasil fermentasi dikemanakan? trs gimana cara pengolahan limbah etanol dr bhn baku molase? mohon dikrm penjelasannya

bagi yang ingin alat pembuat bioetanol dari kadar 65 – 99% datang aja ke blora kami siap untuk mendemontrasikan dengan alat yang sangat sederhana tidak makan tempat banyak dan sudah terbukti, cocok untuk skala rumah tangga, coba tanya pada Dinas Energi dan Pertambangan Kab. Tuban yang pernah meninjau langsung ke tempat kami. hub. HP 085226147498 / 081390105900

dengan harga 7,5 juta anda sudah dapat alat pembuat bioetanol skala rumah tangga dan akan di bimbing oleh tim kami sampai anda bisa memproduksi bioetanol sendiri. BLORA BIOETANOL CENTER, Mas Danu di HP 085226147498.

saya dadank dari desa pesanggaran bwi.minta tlg ama p asep juga teman2 yg mau bantu untuk memberitahu cara bikin dan pemasaranya. saya kepingin banget membuat biotanol.krn di daerah kami ubi kayu sangat banyak dan harganya sangat murah,mungkin dgn adanya ini,bisameningkkatkan taraf hidup warga sekitar yg selama ini sangat pas-pasan.terimakasih .suwuuuuuuuun.

salam hormat. saya mau tanya, bagaimana cara membuat alat-alat dari bahan yang sederhana yang diperlukan untuk memproduksi bioetanol dari singkong dan tebu untuk skala rumahan serta pengetahuan yang menunjang kesuksesan pada bidang ini?
mohon kiranya dikirim jawabannya dengan gambar.
atas bantuannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya.

salam hormat, apakah bapak memiliki info mengenai jumlah bahan mentah yang dibutuhkan untuk produksi 1 L bioetanol?
mohon bantuannya
terima kasih

Saya Sedang Memproduksi Bioethanol (Bahan Baku Molase) Kadar 95%. Yang Tertarik Hubungi 081316180003.Terimakasih

please kirimi saya artikel dan bagannya. kebetulan mertua saya ada usaha bikin krupuk dari singkong. limbahnya mengganggu banget lingkungan. sispa tahu bisa dimanfaatkan untuk orang banyak dengan murah, dan efisien. terima kasih

YTH. KANG ASEP.

MOHON DIINFORMASIKAN PEMBUATAN BIOETANOL DARI GULA SKALA KECIL, PERALATAN DAN HARGA, ANALISA EKONOMI. TERIMA KASIH.

SALAM HORMAT DARI JULIANTO, KALIMANTAN BARAT

mohon infonya dimana bisa membelimesin pengolahannya.berapa harganya….
saya mau tanya, apa bahan baku lainnya yg lebih ekonomis?mungkin kah enceng gondok juga bisa pak asep???

rekan semua, yg pada bingung memasarkan etanol, mari kami mengajak untuk menciptakan marketnya, yg sederhana adalah mengajak masyarakat menggunakan kompor etanol, kami membuat kompornya (www.komporkombi.com), kami juga membutuhkan etanol untuk pelanggan kami, silahkan memberikan penawaran, semoga kita bisa bermitra. Terimakasih buat kang Asep atas tulisannya.

saya sudah memproduksi ethanol tetapi kesulitan dalam pemasaran..mohon informasi pemasaran ya pak asep….dan rekan rekan semuanya

Sy David dari Everest Jaya Energi Alam. membuat mesin ethanol destilasi (kadar 90%) dan Dehydrator (utk mencapai kadar 99,6%). Anda dapat menghubungi saya di 0816 711 087 , 021-9201 9162. tx

Sangat menarik Pak, terima kasih sharingnya

Yani
Browsing

perkenalkan saya fadil.. saya sedang penelitian tentang bioetanol menggunakan eceng gondok sebagai bahan bakar motor bakar. ada gak yang bs memberikan jurnal atau riset yang bisa jadi acuan untuk menghasilkan ethanol pada minyak eceng gondok??

tolong bantuannya ya..

add_diel@yahoo.com

hormat saya..
terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 179,965 hits

Categories

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.