Catatan Asep

Making Soap with Milk

Posted on: March 30, 2007

Adding a Creamy Personal Touch to Your Soap Recipes

Yes, you can use liquids other than water to make the lye solution for your soap. Perhaps the most popular alternative liquid is goat’s milk which makes a lovely, creamy, moisturizing soap. Others rave about coconut milk which gives lots of creamy bubbles. Soapers also use cow’s milk and even buttermilk.  

BUT you need to be extra careful. Different liquids can react to the lye differently than plain water. Also note, as the lye heats up, it will start to scorch the sugars in the milk and turn it brown and foul smelling. The good news is the smell doesn’t remain in the final soap, and you can minimize the scorching with a few simple tips. Making a lye solution with milk

  1. Start with about 1/3 of your liquid in liquid form and the other 2/3 in slushy or frozen chunks form.
  2. Add the liquid 1/3 to your pitcher.
  3. Place your lye pitcher into the sink. Fill your sink with enough cold water and ice to almost meet the level of the milk in the pitcher. If you add too much water, your pitcher will start to float and may tip over. As you add more milk and the lye to the pitcher, you can add a bit more water and ice to the sink.
  4. SLOWLY add a bit of the lye to the milk. As it starts to dissolve, it will start to heat up. Stir the solution gently.
  5. Wait.
  6. Wait a bit more.
  7. Wait a bit more until the solution cools back down a bit. You don’t want the solution to get much more than about 100 degrees.
  8. Add a bit more lye. Stir. Wait.
  9. Repeat, adding a bit more lye into the solution at a time, but never enough to cause the liquid to heat up considerably. As the liquid starts to heat up, add a bit of the slushy or frozen milk to the pitcher to help cool it down. (Be careful of splashing the lye solution.)
  10. When you’re done adding all of the lye, add the remaining slushy or frozen milk and stir until everything is melted and blended.
  11. Take notes!

The solution will inevitably turn to golden amber as it mixes and heats up. But that’s ok. It will impart that color to the soap. NOTE–Don’t leave your lye pitcher unattended while it’s cooling in the sink if there is any chance of a pet, child or spouse inadvertently tipping it over or, worse yet, getting into it. Past that, the procedure works just the same as mixing lye with plain water. Be safe. Enjoy the experimentation!

About these ads

28 Responses to "Making Soap with Milk"

Ass… kang, saya benar2x tertarik dengan resep sabun, boleh minta resepnya ndak kang (bahasa indonesia yach kang,) sekalian cara membuatnya kang
terima kasih
matur nuwun

Mas Asep,

Saya tertarik sekali ingin bisa membuat sabun berbagai kegunaan. Saya ingin minta resep dan cara pembuatannya supaya bisa segera dipraktekkan. Terima kasih.

Salam,
Katarina

Tahniah….saya dari Kuala Lumpur. Sila berikan resepi yang mudah cara-cara membuat SABUN. Terima kasih.

bisa saya dibantu untuk formula dasar dalam membuat sabun. bberapa kali saya buat selalu tidak ada hasil. Mohon bantuannya untuk tugas KIR di sekolah saya. Bisa dikirimkan ke email saya formulanya. terimakasih

mas asep,

saya mencoba sabun muka sabun madu,dan sabun sereh, enak ya lebih lembut, alami dan saya tertarik sekali mencoba membuat sendiri untuk saya konsumsi sendiri.
untuk mas asep yang baik,
boleh yah saya dikasih resep bagaimana cara membuat sabun susu atau sabun sereh’pakai bahasa indonesia ya’
thanks banget ya’
oya langsung ke email aja ya ngasih taunya.
bye….

terima kasih ya

trima kasih untuk tips yang sangat berguna ini..

pak asep klo cara membuat hand body lotion ada tidak ya..
nuwun

mohon bantuannya resep2 dan cara bikin sabunnya yah pak….saya mau bikin souvenir untuk acara pernikahan saya….terima kasih

Pak asep yg baik, bisa saya diterangkan bagaimana cara membuat sabun (batangan atau cair), dengan memakai susu, dan atau madu. mohon cara2nya ya pak. saya tertarik utk mencobanya. jwbn bisa via email. terima kasih

Pak Asep, thanks for sharing the wonderful information. Saya belum lagi mencubanya, masih dalam peringkat mengumpul as much info as possible. The only thing left is that where to get all the chemical things di KL ni. If you have any idea, it would help a lot! Thanks again!!

Salam kenal buat mas Asep.saya sangat tertarik dan sudah lama ingin mencoba untuk membuat sabun mandi batangan,mohon bantuannya untuk dapat memberikan resep dasar cara membuat sabun mandi batang.trim’s

pak asep, apakah saya boleh meminta resap untuk membuat sabun & Body lotion, saya sangat ingin membuat sendiri.
Terimakasih atas kesediaan pak asep

pak asep, boleh minta resep cara membuat sabun colek yang lengkap maksudnya dari komposisi bahan-bahannya yang efisien dan langkah-langkah membuatnya.Dan minta tolong dikirim ke email saya.terima kasih banyak pak.

Kang Asep, Boleh saya minta resep/ cara pembuatan Sabun dengan bahan dasar Susu, madu, atau bahan lain yang baik untuk kulit terutama kulit muka, yang pasti sih untuk kebutuhan resepsi perkawinan. dibantu ya kang, nuhun pisan

Ass . . .
Aku mau resep sabun dari susu kambing dan madu dong, dengan parfum alami dari bunga segar, untuk dipakai sendiri. Tolong dikirim ke emailku ya pak, thank you.

pak asep
saya bisa minta resep buat sabun dari bahan2 alami gak pak
kalau ada, saya pingin tau la pak
terkhusus tuk pengganti sodium hidroksida

Maaf Pak Asep boleh minta bantuannya gimana caranya untuk membuat lotion n sabun muka dengan campuran lilin madu dan langkah langkah pembuatannya.Dan kalo boleh tolong dkirim ke email saya trimakasih banyak Pa atas kesediaan waktunya

salam, Maaf Pa Asep salam kenal dari saya Anto tolong bantu saya untuk bisaa membuat lotion n sabun sendiri dengan bahan dasar Lilin madu dan langkah langkah dandalam pembuatannya tolong dengan bahasa Indonesia ya untuk jelasinnya n kirimin ke Email ini aja. Atas bantuannya bayak trimakasih

pak asep, kalo saya minta resep buat sabun sereh yang bahasa indonesia gimana, kirim via email saya aja ya terimakasih sebelumnya

Pak, boleh minta resep cara membuat sabun batang cuci baju dan tolong kirim ke email saya ya. Terima kasih ya pak.

Yth Pak asep Salam kenal saya siti hasanah, mohon kirim resep sabun dan cara pembuatannya yang lebih spesifik ya, maklum baru mau membuat sabun latar belakang tidak bisa membuat/belum pernah yang saya inginkan sabun transfaran dan yang tidak transparan dari nabati pepaya atau hewani susu dan juga sabun lulur yang komplitnya dengan formulanya. trimakasih

mas asep gmn cra yg dtail bkin sabun susu….

Pak Asep…kenalkan saya Neny seorang ibu rumah tangga…saya mohom dikirim resep dan cara bikin sabun kecantikan ,spt sabun susu dan sabun transparan…tolong pak Asep kirim ke email saya ya…mohon bantuannya…terimakasih

Dear pak Asep
Saya ingin sekali membuat sabun sereh dan sabun susu untuk dikomsumsi sendiri.
Mohon dapat dikirimkan cara pembuatannya (dengan bahasa indonesia) lewat email pak
Terima kasih banyak sebelumnya

Dear Kang Asep
Saya ingin sekali membuat usaha kecil sambun mandi, boleh dong untuk nolong yang penganguran.
Mohon dapat dikirimkan cara pembuatannya (dengan bahasa indonesia) lewat email pak
tks

This blog post is a complete copy of the article I have published at: http://candleandsoap.about.com/od/beyondbasics/a/lyemilk.htm – and is a violation of U.S. and International Copyright laws.

Please remove it from your site immediately.

JUAL PEMUTIH WAJAH MERK aDHA BEAUTY CARE DI PRODUC UNTUK KALANGAN SENDIRI TIDAK DIJUAL BEBAS.KAMI MENCARI RESELLER UNTUK WILAYAH INDONESIA. YANG BEMINAT CAL 0411 2660030.

minta resepnya sabun sereh untuk wajah dong, kayaknya seger tuh, kirimnya langsung k email aja ya.. kalo bisa dalam bahasa indonesia aja ya, trims..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 174,125 hits

Categories

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.