Catatan Asep

Bar Soap Therapy (ppt)

Posted on: March 28, 2007

bar-soaps-therapy.ppt

4 Responses to "Bar Soap Therapy (ppt)"

PAk Asep, saya baru saja mulai eksperimen membuat transparant soap base karena harga soap base import sangat mahal. resepnya saya dapat dr buku.tp setelah 3 kali percobaan hasilnya tetap tidak transparan dan hasilnya lembek. walaupun saya sudah menambahkan gula glycerin ethanol dan asam stearat sebagai pengeras sabun.

Berikut saya cantumkan bahan serta metode nya, Pak:

Bahan2nya: Asam stearat 4700 gram, Nacl 20 gram, cocoamide Dea, Gula 1,5 gram, glycerin (saya ganti dengan propylene Glycol) 1,3 gram, ethanol 750 gram, Naoh 30% 2003 gram, minyak 2000 gram, asam sitrat dan air 460 ml.

1. asam stearat dipanaskan dgn suhu 60 derajatC sampai mencair selama kurang lebih 15 menit. kemudian ditambahkan minyak dan diaduk sampai rata.

2. setelah suhu mencapai 70-80 NaOH ditambahkan dan diaduk selama 2-4menit.

3. tambahkan Nacl, Gula, Ethanol, Cocoamide Dea, glycerin, air, asam sitrat. aduk hingga larutan menjadi homogen.

Pertanyaan saya: apakah untuk menjadi transparan suhunya dan cara pengadukannya harus benar2 akurat? (karena saya hanya menggunakan double boiler thermometer dan pengaduk kayu)

Apakah komposisi bahan2nya kurang tepat atau metode2nya ada yang salah?

Apakah Pak Asep punya saran atau resep untuk membuat transparan soap base?

Mohon bantuannya Pak….

pak, ada panduan gak untuk membuat oil aromatherapy?

Selamat Pagi
Pak sebelumnya salam kenal.
Pak saya ingin tanya mengenai campuran sabun agar menjadi keras, apa ya Pak…?

karena saya ingin membuat patung dari sabun tersebut pak.

saya kemarin mencoba berexperiment mencampur sabun agar keras dengan semen warna untuk keramik + lowsen

1. sabun 1 batang sebelumnya diparut agar lembut
2. dicampurkan dengan lowsen 1 botos yg kecil
3. dicampurkan dengan semen warna 4 sendok makan
3. diaduk sampai merata.

Apakah Pabak punya saran atau resep untuk membuat sabun agar menjadi keras…?

Sebelumnya saya ucapkan sebanyak – banyak
Terima Kasih

hallo pak salam kenal, nama saya sumi saya pengen bgt bikin sabun aroma therapi yg pake campuran nilam. resepnya kasih tau dong by email
sumiglobal.sudo@gmail.com
sebelumnya terima kasih banyak ya.

trims
sumi

Leave a Reply

Blog Stats

  • 225,588 hits

Categories

Archives